Kamis, 10 Februari 2011

101 most influential people who never lived



Category:
Books
Genre:
Nonfiction
Author:
Allan Lazar, Dan Karlan, Jeremy Salter


Disadari atau tidak, kehidupan kita selalu dipenuhi dengan kisah-kisah fiksi, kita terilhami oleh tokoh dan karakter yang ternyata cuma fiksi, hasil rekaan penulis, artis, seniman yang ternyata sangat mengena di hati sehingga kita terinspirasi oleh hasil rekaan tersebut.

Buku “101 most influential people who never lived” (tekankan pada kata ‘NEVER LIVED”) ini mencoba menampilkan tokoh-tokoh fiksi yang berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Tokoh-tokohnya dibagi beberapa kategori ; mitologi, film, legenda, cerita rakyat, monster, stereotype, petualang, iklan dan propaganda, televisi, karya sastra, teater, sampai komik dan karakter animasi.

Disadari atau tidak, karakter fiksi yang kita saksikan setiap hari bukan Cuma menghibur, tapi menginspirasi kita dalam menjalankan kehidupan. Dampaknya bisa negatif, dan bisa pula positif. Nah... buku ”101..” ini mencoba mengangkat tokoh-tokoh tersebut dengan cara yang santai, lucu, kadang seperti bercanda, padahal isinya cukup serius. Sejak awal para penulisnya sudah bilang bahwa daftar yang mereka sajikan ini pasti mengundang kontroversi, karena tentunya ada yang setuju atau tidak, apalagi mereka ini orang Amerika, jadinya tokoh yang ditampilkan pun beberapa diantaranya mungkin kurang familiar bagi kita yang bukan warga sono...

Cara penyampaian yang lucu membuat kita tidak bosan membaca buku yang sebenarnya tidak jauh beda dengan ensiklopedi atau buku pintar. Simak saat penulis mengisahkan tentang Icarus, bocah yang tewas karena terbang terlalu dekat ke matahari.. ”..He is a prime example of the consequences of not following instruction and although he was the inspiration for the Wright Brothers, he was foolish enough to exceed the manufacturer’s limitiation on altitude, and thus his wings failed. What even worse, he had neglected to purchase flight insurance”… seandainya tidak ada Icarus, mungkin sekarang tidak ada yang namanya asuransi penerbangan… hehehe.

Mayoritas tokoh yang dibeberkan pasti kita kenal. Ada Santa Claus, Barbie, Dracula, King Kong, Superman sampai Saint Valentine. Yang bagus adalah cara penulis menghubungkan pentingnya si karakter dan pengaruhnya terhadap kehidupan kita. Barbie misalnya, dianggap merusak image para gadis kecil tentang sosok wanita yang ideal : kurus, tinggi, langsing, berdada (maaf) besar, dan berpakaian mahal. Barbie juga dianggap mendorong tingkat bulimia pada anak-anak dan remaja.

Adapula Uncle Sam, yang sosoknya menjadi pembangkit semangat tentara Amerika di jaman perang revolusi. Dan tahukah anda? Ternyata nama Uncle Sam berasal dari nama tukang daging pemasok makanan tentara Amerika, Sam Wilson. Disetiap peti daging kirimannya tertulis : Uncle Sam.

Yang cukup mengejutkan mungkin adalah sosok yang dipilih sebagai nomer satu dalam daftar karakter paling berpengaruh ini. Yaitu The Marlboro Man. Marlboro Man adalah karakter yang diciptakan produk rokok tersebut untuk memasarkan produknya, yaitu koboi nan macho, jago berkuda dan suka berkelana di dataran Amerika yang indah. Karakter ini tentunya dipandang sebagai pembunuh nomer satu di dunia dan turut berperan meningkatkan jumlah penderita kanker di dunia. Dan mau tau nasib bintang-bintang iklan Marlboro? Semuanya meninggal karena kanker...

Buat saya pribadi buku ini sangat menarik karena memberi kesempatan mempelajari karakter-karakter fiksi yang ada disekitar kita, apalagi saya suka komik dan mitologi. Stamina kita mungkin kurang cukup untuk membaca buku pintar atau ensiklopedi, tapi buku ini disajikan begitu ringannya sehingga bikin saya senyum sendiri sambil tanpa sadar menyerap banyak informasi berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar